Susunan kata dalam kalimat bahasa Jerman

IMG_20150309_104024Dengan bantuan kertas berwarna, saya mencoba memperlihatkan susunan kata dalam bahasa jerman. Setiap Warna mewakili jawaban dari W-frage. Saya menggunakan Methode INI, karena banyak murid yang tidak mengerti istilah Grammatik, seperti subyek, obyek, jadi dipergunakan pertanyaan untuk mengupas dan membedah kata-kata dalam sebuah kalimat. Berbeda dengan Methode Montessori, yaitu membelah kalimat dengan jenis kata, untuk membedah kalimat, Montessori menggunakan Methode Satzstern. Jadi saya menggabungkan 2 Methode INI. Methode INI sebenarnya tidak asing digunakan di sekolah jwrman, yaitu dengan menggarisbawahi Akkusativobjekt dan dativobjekt dalam sebuah kalimat dengan Warna yg berbeda. Kali INI saya menggunakan kertas berwarna yg berbeda. Setiap Warna merepresentasikan jawaban. Yang ingin saya perlihatkan pada murid adalah susunan Subjekt dan Verb yg selalu bersama dan bukan pada posisi yg lain. Alhasil, murid-murid mengetahui jika subyek dan verb ITU selalu menikah, dan tidak bisa terpisahkan. Dengan Methode INI, saya berharap murid2 bisa lebih baik menyusun kalimat ketika menulis.

Schreibe einen Kommentar

