Metakognitif

Sejak bulan Oktober lalu, saya terlibat dalam proyek MEKO FUN (MEtaKOgnitives FUNdiertes Lernen), yang diselenggarakan oleh departemen pendidikan dan tehnologi Jerman bekerja sama dengan Universitas Bundeswehr Jerman. Proyek ini merupakan proyek penting yang harus diujicobakan. Jika hasilnya memuaskan, maka metode pengajaran ini akan disebarluaskan di Jerman. 

Saya adalah satu-satunya orang asia yang terlibat dalam tim ini. Cukup unik juga, karena saya berbeda sendiri. Tapi saya tidak minder. 

Metode pembelajaran metakognitif ini sebenarnya sangat sederhana. Namun hasilnya efektif. Saya juga percaya dan yakin dengan pelatihan metakognitif ini. Metode metakognitif bukanlah hal yang baru. Banyak sekali bahan2 di Internet mengenai metode ini. 

Bulan Januari 2013, saya akan memulai metode ini, memperkenalkan serta membudayakan cara pemikiran metakognitif kepada murid-murid saya, sehingga membantu mereka untuk belajar bahasa jerman dan mengatasi kesulitan2 yg sering mereka alami dalam kehidupan sehari-sehari. 

Sempet membuat saya deg-degan juga sih, tapi untunglah banyak mentor2 yg siap membantu. Saya harap proyek ini akan berjalan dengan lancar di kelas saya. 

Schreibe einen Kommentar

