Daftar Nama-Nama Negara Dalam Bahasa Jerman Yang Menggunakan Artikel

Seorang murid bertanya: kenapa dalam penyebutan negara, terkadang menggunakan artikel dan terkadang tidak? Bagaimana cara penggunaannya?

Penggunaan artikel “der, die, das” dalam kata benda bahasa Jerman sudah merupakan ciri bahasa ini. Kata benda negara dalam bahasa Jerman biasanya tidak memiliki artikel.

Contohnya:

Ich komme aus Indonesien/Saya berasal dari Indonesia

Ich komme aus Deutschland/Saya berasal dari Jerman

Ich komme aus Jakarta/Saya berasal dari Jakarta

Ich komme aus Berlin/Saya berasal dari Berlin. 

Tentu saja ada pengecualian untuk kata benda negara yang memiliki Artikel. Contoh penggunaannya:

Ich komme aus der Türkei/Saya berasal dari Turki

Ich komme aus den USA/Saya berasal dari USA

Ich komme aus den Niederlande/ Saya berasal dari Belanda

Ich komme aus dem Irak/Saya berasal dari Irak

Lewat pola kalimat di atas, bisa kita lihat, bahwa: kommen aus + Dativ.

Lalu, bagaimana kita bisa mengetahui jika negara tersebut menggunakan artikel? Penggunaan Artikel dalam kata benda negara bisa dilihat lewat daftar berikut ini. Silahkan klik di sini untuk lebih lengkapnya. Tidak ada cara lain, selain dihafalkan :-)

Bagi murid-murid yang belum mengerti sama sekali, penjelasan seperti ini sangat susah bahkan sulit dimengerti. Lebih baik diberi penjelasan saja, jika ia seharusnya berkata seperti itu. Kebetulan saya memilki murid-murid yang berasal dari Turki, Iran, Irak, Ukraina. Mereka tidak mengerti, namun saya sarankan supaya mereka menggunakan pola kalimat yang saya berikan. Cukup diingat saja bentuk kalimat tersebut, jika sudah lancar fenomena gramatik ini, yaitu pada penjelasan penggunaan Dativ.

Semoga membantu dan bermanfaat.

Kommentar verfassen

